PT SCA Gelar Uji Coba Penerbangan Komersil Tujuan Pontianak dan Sintang

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGKAWANG - Bantu Pemerintah Kota Singkawang dalam mengadakan pembangunan Bandara perintis, Lapangan Terbang Khusus Semelagi milik PT Smart Cakrawala Aviation (SCA) menggelar uji coba penerbangan komersil selama dua pekan, dimulai dari Minggu 21 Maret hingga Senin 5 April 2021.

Direktur PT Smart Cakrawala Aviation, Fransiskus mengatakan, uji coba ini digelar untuk melihat animo atau keinginan masyarakat terhadap transportasi udara.

Dimana hingga saat ini belum ada satupun data akurat yang memperlihatkan sejauh mana tingkat ketertarikan masyarakat di Kota Singkawang terkait transportasi udara, serta harga yang sesuai dengan kantong masyarakat Kota Singkawang.

"Namun selama inikan kita tidak punya data jika animo masyarakat itu seperti apa. Cocoknya diharga tiket berapa? Nah, dengan uji coba ini kita bisa melihat animo masyarakat dengan jalur-jalur tujuan yang akan kita terbangkan dikisaran harga berapa," jelas Fransiskus kepada wartawan, Minggu 21 Maret 2021.

Dia menerangkan, pada uji coba penerbangan ini hanya akan menggunakan satu pesawat Caravan berkapasistas maksimal 12 penumpang, dengan tujuan rute Singkawang-Pontianak dan sebaliknya, serta Singkawan-Sintang dan sebaliknya.

"Uji coba penerbangan ini dengan sistem carter, untuk tujuan Singkwang - Pontianak atau sebaliknya dikenakan biaya Rp 5 juta per penerbangan, sementara Singkwang - Sintang atau sebaliknya dikenakan biaya Rp 10 juta per penerbangan," terangnya.

Dia mengatakan, dalam uji coba ini juga, pihaknya sama sekali tidak mencari keuntungan atau profit oriented.

Harga yang tertera ini, dia katakan, hanya untuk biaya operasional pesawat sampai ke bandara tujuan, baik itu biaya bahan bakar, hingga biaya mendarat di Bandara Tujuan.

Bahkan, dengan biaya Rp 5 juta dengan tujuan Singkwang - Pontianak atau sebaliknya masyarakat bisa membayar secara patungan sebanyak 12 orang sesuai dengan kapasitas maksimal pesawat

Sehingga perorangnya hanya cukup mengeluarkan biaya tiket sebesar Rp 416 ribu. Bagitu juga dengan tujuan Singkawang-Sintang atau sebaliknya.

Penulis: Rizki Kurnia
Editor: Rivaldi Ade Musliadi

Read More